Perbedaan Syarat Pendirian CV PT Di Indonesia


Syarat dan cara pendirian CV PT sangat berbeda, karena CV belum berbadan hukum sedangkan PT sudah berbadan hukum. Dan tentunya prosedur untuk melakukan pendirian sebuah CV dan PT sangatlah berbeda karena memang dari pengertiannya saja antara CV dan PT sangat berbeda. PT atau Perseroan terbatas merupakan badan hukum yang setidaknya didirikan oleh 2 orang. Untuk PT, pemilik modal tidak perlu menjadi pemimpin perusahaan atau direktur karena ia dapat menunjuk orang lain untuk menjadi pemimpin. Sedangkan CV merupakan salah satu bentuk usaha yang tidak memerlukan modal usaha sebesar PT dan bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin membuat badan usaha tapi tidak memiliki modal yang besar.


Berikut adalah syarat umum pendirian PT dan juga CV yang harus dibawa ke notaris atau jasa.

1.    Perseroan Terbatas (PT)

a.    Fotokopi KTP, KK dan NPWP pengurus dan juga pemegang saham

b.    Foto berwarna 3x4 direktur

c.    Fotokopi surat sewa kantor atau bukti kepemilikan kantor

  1. Surat keterangan domiisili dari pengurus gedung jika kantor berada di gedung perkantoran
  2. Surat keterangan dari RT dan RW apabila PT berada di lingkungan perumahan (luar Jakarta)

2.     Comanditaire Venootschap (CV)

a.    Nama yang akan digunakan sebagai CV

b.    Lokasi atau kantor CV

c.    Yang menjadi persero aktif dan persero diam

d.    Tujuan dari pendirian CV

Untuk mendirikan sebuah CV sebenarnya 4 syarat tadi sudah cukup, namun apabila ingin menguatkan posisi CV maka CV sebaiknya didaftarkan di Pengadilan Negeri daerah dan membawa SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) dan juga NPWP atas nama CV.


Badan usaha mana saja yang akan anda pilih sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Apabila usaha anda sudah cukup besar dan memiliki modal minimal Rp 50.000.000 sebaiknya anda mendirikan PT di banding CV. Karena PT sudah berbadan hukum jadi akan lebih mudah mengurus segala sesuatu apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan dengan PT maka usaha anda akan terlihat lebih kuat dimata masyarakat.